SPCnews.id – Pada zaman Digital sekarang, banyak masyarakat Indonesia yang rindu akan jajanan pada zaman dahulu kala, dikarenakan perkembangan zaman dan teknologi sehingga semua tersedia serba instan.
Sasagun adalah produk jajanan yang hampir punah dikalangan masyarakat Batak Toba sekarang ini. Jajanan yang terkenal kenal pada tahun 1970-an hampir terlupakan oleh generasi milenial.
“Ini adalah jajanan sudah sangat lama dan hampir dilupakan oleh masyarakat batak, sehingga saya berupaya memperkenalkan kembali jajanan ini melalui Tabo Toba,” Ucap Piska Simamora, pemilik Brand Tabo Toba.
Tabo Toba dengan Brand yang keren ini adalah produk yang diprakarsai oleh Piska Simamora, wanita yang tinggal Balige Tobasa. Sasagun adalah salah satu produk jajanan lokal mewakili Sumatera utara dan mencoba memperkenalkan jajanan lawas ini hingga menembus pasar nasional dan Internasional.
“Terkadang kewalahan juga untuk packing karena banyaknya pesanan dari luar kota,” ujar ibu empat anak ini.
Jajanan ringan ini dibuat dari tepung beras yang digongseng dengan kelapa dan dicampur dengan gula merah/aren. Dahulunya dibungkus dengan daun pisang.
Mengikuti zaman, Piska Simamora kemudian memoles dan meng-upgrate cover sasagun tersebut sehingga semakin menggugah selera para penikmat makanan ringan yang lezat tersebut.
Tak jarang Kerinduan para anak rantau akan jajanan ini,
Membuat produk Tabo Toba ini mendarat dibeberapa tempat seperti, Jakarta, bandung, kalimantan, hingga Papua.
Ibu Empat anak ini adalah pemegang kendali penuh atas brand tersebut dan memiliki impian agar jajanan lawas ini tidak luput dari perhatian pemerintah setempat dan mendukung sepenuhnya jajanan asal tanah Batak.
Iya juga berharap agar para generasi milenial tidak melupakan warisan makanan dari nenek moyang orang batak “Semoga para generasi sekarang tidak melupakan jajanan yang sudah diwariskan oleh nenek moyang kita orang batak,” pungkasnya. (Alfian.s)
Discussion about this post